Disini berisi tentang berbagai macam resep makanan yang sedang ngehits

pencarian

RESEP WINGKO APEL MALANG

Wingko atau sering disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko sangat terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue untuk oleh-oleh keluarga.

Wingko biasanya berbentuk bundar biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.

Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah titik persimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya.

Tapi kali ini ada yang tak biasa dengan wingko yang satu ini , wingko dengan tambahan buah apel untuk menambahkan citarasa yang unik. Wingko ini banyak ditemui di kota Batu, Malang karena di daerah tersebut terkenal dengan hasil perkebunan apel yang melimpah. Cara memasaknya pun tak jauh berbeda dengan wingko lain Cuma dari segi bahannya saja yang berbeda karena tambahan buah apel.

Berikut proses pembuatan wingko apel.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram Apel yang sudah dikupas, lalu dipotong-potong
  • 150 gram Kelapa parut kering
  • 300 gram Tepung Ketan putih
  • 250 ml Santan Kental
  • 150 gram Gula Pasir
  • 2 butir Telur( 1 butir untuk diambil kuning telurnya sebagai olesan )
  • 1/4 sendok teh Garam
  • Margarin /minyak sayur secukupnya (untuk dioleskan di permukaan loyang).


Cara membuat wingko apel:

  1. Blender apel yang sudah dipotong-potong dengan santan hingga lembut. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius .
  2. Campur tepung ketan putih, kelapa parut kering, garam, dan gula pasir, lalu aduk-aduk sampai gula larut.
  3. Tambahkan telur, aduk rata, lalu tuang campuran santan dan apel sedikit demi sedikit sambil diuleni, kemudian aduk hingga rata .
  4. Tuang adonan di loyang persegi 18 cm yang sudah dioles margarin.
  5. Panggang hingga matang (kurang lebih 50 menit).
  6. Keluarkan wingko, lalu olesi permukaannya dengan kuning telur.
  7. Panggang kembali hingga permukaannya kuning kecoklatan/terlihat seperti ada kerak di permukaannya (kurang lebih 5-10 menit).


Selamat mencoba....
Share:

0 komentar: