Disini berisi tentang berbagai macam resep makanan yang sedang ngehits

pencarian

MANFAAT DAN KEGUNAAN DAUN JERUK



Pada umumnya kita tidak tahu manfaat kandungan daun jeruk,tetapi sangat banyak sekali manfaat dan kandungan yang terdapat didalamnya. Secara alami jeruk nipis ini bermanfaat untu obat batuk, menghilangkan dahak (mukolitik), memperlancar kencing (diuretik) dan keringat, serta sangat baik dalam membantu proses pencernaan.

Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis yaitu Linalool, minyak Limonene dan flavonoid seperti: Poncirin, Hesperidine, Rhoifolin dan Naringin. Pada buah jeruk nipis yang sudah masak mengandung Synephrine, N-methyltyramine, Asam sitrat, Kalsium, Fosfor, Besi, serta Vitamin A, B1, dan C. Sedangkan Asam sitrat yang terkandung didalamnya dapat mencegah kambuhnya pasien setelah operasi batu ginjal.

Bentuk daun jeruk seperti dua helai daun yang diusun menjadi satu. Daun jeruk purut berukuran kecil dengan tangkai daun yang sebagian besar melebar serupa anak daun. Bentuk bervariasi, ada yang terlihat seperti bulat telur dan juga ada yang cenderung lonjong. Pangkalnya bundar dan tumpul tetapi tak jarang pula yang terlihat runcing. Tepi daun jeruk purut bergerigi. Panjang daun berkisar antara 8 cm sampai 15 cm. Sementara itu lebarnya bisa mencapai 6 cm. Permukaan daun jeruk purut agak licin dengan warna hijau tua. Jika daun diremas maka akan tercium bebauan yang khas. Itu sebabnya mengapa daun jeruk sering digunakan sebagai bahan penyedap masakan.

Daun jeruk mengandung senyawa sitral dan limonene yang berkhasiat untuk meringankan demam dan batuk. Aromanya yang khas dan bisa digunakan untuk membuat minyak atsiri juga bersifat menenangkan dan menyegarkan, yang biasanya dimanfaatkan sebagai aromaterapi untuk meredakan stres. Selain itu, penggunaan daun jeruk dalam berbagai masakan sering sekali ditemukan, seperti pada masakan gado-gado, tom yam, rempeyek, dan pecel.
Share:

0 komentar: