Disini berisi tentang berbagai macam resep makanan yang sedang ngehits

pencarian

CARA MEMBUAT DAWET AYU HITAM



Dawet ayu/cendol adalah minuman yang terbuat dari campuran gula merah, santan dan bubur ketan yang sudah dicetak sehingga membuat bentuknya begitu khas. Es dawet ayu berasal dari daerah Kabupaten Banjarnegara yang biasanya dijual di pasar-pasar tradisional bahkan saat ini es dawet sudah banyak diperjual-belikan di banyak daerah seperti di daerah Ibu Kota, bahkan sekarang tidak sulit untuk menemukan es dawet ayu ini.
Es dawet ayu memiliki citarasa yang khas dari minuman lainnya karena cara pembuatannya yang masih tradisional. Es dawet ayu sangat cocok dimunum saat cuaca panas, es dawet dapat diminum panas ataupun dingin dengan menambahkan es batu. Rasanya yang segar inilah yang menjadi keistimewaan dan keunikan dari minuman tradisional khas Banjarnegara ini.
Saat ini sudah banyak es dawet yang telah diinovasi sehingga memunculkan es dawet dengan rasa yang beragam, diantaranya es dawet hitam. Pada umumnya es dawet berwarna hijau, warna hijau sendiri berasal dari perasan daun pandan yang menambah rasa yang khas dan juga aman untuk diminum. Tapi saat ini ada juga es dawet hitam yang berasal dari daerah Purworejo.
Es dawet hitam ini bahan dasarnya sama dengan es dawet pada umumnya, yang membedakannya adalah bahan pewarnanya yang berasal dari air abu merang. Abu merang sendiri berasal dari daun padi kering yang dibakar hingga menghasilkan abu, kemudian abu merang di campur dengan air dan menghasilkan hitam pekat yang alami dan aman untuk dikonsumsi.
Penggunaan abu merang sebagai bahan pewarna es dawet membuat cita rasa dan aroma yang khas serta unik. Selain itu penggunaan air abu merang ini juga membuat tekstur dawet menjadi lebih kenyal dan nikmat. Tak perlu khawatir dengan penggunaan air abu merang sebagai pewarna pada es dawet karena air abu merang ini aman untuk dikonsumsi.
Berikut cara membuat es dawet hitam.....
Bahan-bahan Dawet Ireng :
  • Tepung beras 60 gram
  • Tepung tapioka/sagu 50 gram
  • Air 800 ml
  • Abu merang 5 sendok makan ( dilarutkan dengan 100 ml air, endapkan atau saring dengan saringan halus, sisihkan )
  • Garam 1 sendok teh

Bahan Sirup Es Dawet Ireng :
  • Gula merah 250 gram ( disisir )
  • Daun pandan 2 lembar
  • Air 250 ml

Bahan Kuah Santan :
  • Santan 500 ml dari 1 butir kelapa
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam 1/4 sendok teh

Bahan Pelengkap Es Dawet Ireng :
  • Nangka ( dipotong-potong kecil )
  • Es batu atau Es serut secukupnya ( sesuai selera )

Cara membuat es Dawet Ireng :
  1. Dawet Ireng : Pertama-tama campurkan tepung beras, tepung sagu, dan air abu merang dalam wadah hingga merata. masukkan air lalu larutkan campuran bahan hingga merata.
  2. Rebus adonan dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga adonan mengental. sebagai tanda apabila adonan sudah mulai muncul semacam  letupan gelembung dalam adonan segera matikan kompor dan angkat.
  3. Setelah itu tuang adonan ke dalam cetakan dawet/cendol yang diletakkan diatas baskom berisi air es. tekan-tekan adonan sampaidawet/cendol ireng berjatuhan ke dalam air es, lakukan hingga adonan habis. saring dawet yang sudah jadi, kemudian masukkan kedalam air matang dingin.
  4. Sirup : didihkan semua bahan sirup diatas dengan menggunakan api sedang hingga kental, aduk rata. Tambahkan potongan nangka untuk menambah rasa dan aroma sirup.
  5. Santan : rebus bahan kuah santan dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih dan santan matang.
  6. Penyajian : Siapkan mangkuk atau gelas saji, lalu isi dengan Dawet Ireng, santan, dan sirup gula merah secukupnya atau sesuai selera. Tambahkan potongan batu es atau es serut untuk menambah kesegaran es dawet saat diminum.



Selmat mencoba dirumah ....  ðŸ˜ŠðŸ˜‰
Share:

0 komentar: