Disini berisi tentang berbagai macam resep makanan yang sedang ngehits

pencarian

RESEP KUE CUCUR ASLI BETAWI



Kue Cucur atau Cucur (dalam bahasa Indonesia) atau kuih cucur (dalam bahasa Melayu), dan as khanom fak bua atau khanom jujun (dalam bahasa Thailand), adalah kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia dan Thailand Selatan . Di Indonesia, kue cucur dapat ditemukan di seluruh pasar tradisional, akan tetapi versi popularnya adalah versi Betawi dari Jakarta. Di Thailand Selatan, kue cucur sering dihidangkan di festival dan upacara pernikahan. Sementara, di Malaysia, istilah cucur lebih ditujukan untuk jenis kudapan goreng. Di Brunei dan Borneo Malaysia (Sabah dan Sarawak), kue cucur disebut sebagai Pinjaram.

Makanan pencuci mulut ini terbuat dari tepung terigu dan gula aren yang digoreng. Kue cucur bersifat tebal di bagian tengah dan tipis di pinggirannya. Masyarakat Thailand percaya bahwa kue ini mirip dengan bunga lotus yang dapat tumbuh di kondisi yang sulit. Melanmbangkan cinta dari pasangan yang baru menikah yang akan semakin bertambah dan sukses dalam kehidupan pernikahan. Masyarakat Thailand suka menampilkan kue ini di upacara pernikahan atau menguntungkan, atau di festival apa pun. Terkadang, kue ini juga diberikan sebagai hadiah. Dalam konsumsinya, masyarakat Thailand biasanya memakan kue ini langsung setelah digoreng karena kue ini masih lembut dan berwarna-warni, dan wangi. Jika dibiarkan selama satu jam, kue ini akan lengket, membantet, dan sangat berminyak. Di Indonesia, khususnya Jakarta, makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi, cucur wajib dihidangkan.

Seiring perkembangan jaman, kue cucur saat ini tidak hanya dihidangkan pada acara adat saja. Kue cucur saat ini banyak dijual ditempat wisata sebagai oleh-oleh khas dari daerah ibukota (khas Betawi). Bukan hanya itu saja, kue cucur saat ini sudah menjadi makanan yang digemari masyarakat indonesia yang artimya bisa dijadikan sebagai lahan bisnis kuliner yang mungkin dapat di manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bagi sebagian orang, membuat kue cucur adalah hal yang sulit karena prosesnya yang agak ribet. Padahal membuat kue cucur tidaklah sesulit kelihatannya tergantung cara pandang kita masing-masing.

Nah, berikut ini akan saya berikan resep dan cara membuat kue cucur khas Betawi.


Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 500 gr tepung beras berkualitas baik
  • 50 gr tepung terigu
  • 100 gr gula pasir
  • 250 gr gula merah ( disisir halus )
  • 700 ml air bersih
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuatnya :

  1. Rebus gula merah dan gula pasir dengan air sampai mendidih dan gula larut tercampur menjadi satu.
  2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu menjadi satu, aduk rata.
  3. Tuang air rebusan gula kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni dan ditepuk-tepuk dengan telapak tangan selama 20 menit.
  4. Aduk-aduk adonan dengan menggunakan spatula kayu atau sendok sayur selama 30 menit, diamkan adonan selama 2 jam.
  5. Panaskan minyak lalu tuang adonan setiap satu sendok sayur dan goreng sampai matang sambil ditusuk-tusuk bagian tengahnya dengan tusuk sate supaya matangnya merata, angkat dan tiriskan.
  6. Kue cucur siap dihidangkan.



Bagaimana, mudah kan cara membuatnya ..,😋😊
Selamat mencoba ya...😉


Share:

0 komentar: